Image
Senin, 27 Juni 2016 dibaca 245 kali

BMT Islam Abdurrab Resmi Dibuka, Sahabat Keuangan Berkah

Baitul Mal wat Tamwil (BMT) merupakan lembaga keuangan dengan prinsip syariah di Indonesia, dimulai dari ide beberapa para aktivis yang mendirikan Koperasi Jasa Keahlian Teknosa pada 1980. Nama resmi yang digunakan pemerintah untuk koperasi yang bergerak di bidang keuangan syariah adalah Koperasi Jasa Keuangan Syariah disingkat KJKS. Namun, istilah BMT masih populer di kalangan praktisi dan masyarakat Indonesia.

Dengan kehadiran BMT diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata sektor pada ekonomi dalam sebuah daerah maupun institusi yang menaunginya, khususnya yang membutuhkan dana dari kelembagaan keuangan Islam.

Hal inilah yang melandasi dibentuknya BMT Islam Abdurrab (BMT IA), sebuah lembaga independen keuangan berbasis ekonomi Islam. Berdiri di Pekanbaru pada Kamis 10 Maret 2016 yang bertepatan dengan 1 Jumadil Akhir 1437 Hijriyah tersebut telah resmi dibuka, ditandai dengan diadakannya soft launching yang berlokasi di Mesjid At-Tabrani kampus UNIVRAB pada Jumat pagi.

 

Dihadiri oleh pengawas, pengurus dan pengelola BMT IA, Rektor dan Wakil Rektor UNIVRAB, para Kepala Bagian hingga puluhan dosen dan pegawai di lingkungan UNIVRAB, acara dibuka oleh sambutan dari Yudi Irwan SE M.E.sy selaku Ketua Pengurus BMT IA.

Peresmian BMT IA dibuka langsung oleh Pembina Yayasan Fajar Pekanbaru Dr dr Susiana Tabrani M.Pd, dalam sambutannya, beliau mengucapkan rasa syukur, apresiasi terhadap pengawas, pengurus dan pengelola BMT IA.

"Semoga menjadi sarana peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya komunitas keluarga besar UNIVRAB dan seluruh lembaga pendidikan yg ada dibawah naungan yayasan. Ini juga wujud komitmen kita untuk mewujudkan ekonomi kerakyatan yang dibangun di atas nilai-nilai kehalalan dan keberkahan", ucap Susiana.

Setelah sambutan dan pembukaan secara resmi dari Pembina Yayasan, acara selanjutnya pemaparan materi oleh Ketua BMT Ittihad, Indra. Mengambil tema "BMT: Aksi Nyata Memajukan Islam dalam Ekonomi", pria yang telah berpengalaman dalam dunia perbankan dan BMT ini menyampaikan pengalamannya mendirikan BMT Ittihad yang telah mengelola dana hingga puluhan Milyar rupiah tersebut. Indra juga menyampaikan agar selektif dalam masalah pengelolaan uang, seperti betapa bahayanya Riba yng masuk kedalam dosa besar.

"1 dirham uang yang kita terima dari Riba nilai dosanya sama dengan menzinai ibu kita sendiri, astagfirullah aladziim" ucapnya dihadapan puluhan hadirin.

 

Antusiasme hadirin ditandai dengan beberapa pertanyaan seputar ekonomi Islam dan riba. Ditambah dengan pemaparan dan pengenalan BMT IA yang disampaikan oleh Ade Chandra SE M.Mgt selaku Manager BMT IA.

"Para anggota bisa merasakan pinjaman tanpa riba, mendapatkan konsultasi perbankan Islam, kita akan edukasi tentang pinjaman atau penyimpanan yang berbasis Islam. Terlebih lagi tanpa rasa was-was karena halal dan diridhoi. BMT Islam ini dilandaskan pada Al-Quran yakni QS Ash Shaff 4 yang mengatakan Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berjuang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh. Selain itu juga kita merujuk pada perkataan Sayyidina Ali Bin Abi Thalib yakni kebaikan yang tidak terorganisir akan kalah oleh kejahatan yang terorganisir", ucap pria yang menempuh Master of Management di International Islamic University Malaysia (IIUM) tersebut.

BMT IA memiliki beberapa produk dana yakni Tabungan Multiguna, Tabungan Cerdas, Tabungan Sekolah Pelajar, Tabungan Ibadah Haji, Tabungan Ibadah Umrah, Tabungan Ibadah Qurban & Aqiqah, serta Deposito BMTIA-KU. Bagi anda yang teratrik dan ingin menjadi anggota silahkan mengisi formulir anggota, menyerahkan fotokopi KTP, membayar Simpanan Pokok senilai 1 juta rupiah yang bisa dicicil dan membayar Simpanan Wajib senilai 100.000 setiap bulannya.

BMT IA berlokasi di Gedung BMT IA di Komplek Kampus UNIVRAB Jalan Riau Ujung No 73 Pekanbaru-Riau. Acara disudahi dengan kunjungan ke kantor BMT IA dan berfoto bersama diantara pengawas, pengurus, pengelola BMT IA, Yayasan dan Tim Manajemen UNIVRAB*


Warning: mysqli_fetch_array() expects parameter 1 to be mysqli_result, boolean given in /home/bmtiacom/public_html/modul/mod_artikel/detailartikel.php on line 54
user-img


Artikel ini ditulis oleh .

adalah salah seorang anggota IAI KC Pekanbaru.

Post
24 Maret 2017

RAT 2016

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. Alhamdulillah Koperasi BMT Islam Abdurrab telah melakukan RAT (Rapat Anggota Tahunan) pada tanggal 14 Januari 2017 [...]